Senin, 12 Oktober 2015

Maluku Expo 2015 Jadi Ajang Pameran Karya WBP



Ambon, INFO_PAS – Kepala Divisi Pemasyarakatan Maluku, P. C. Anwar, mengaku puas dengan keikutsertaan pihaknya dalam ajang Maluku Expo 2015 yang berakhir Sabtu (10/10) lalu.

Selama enam hari pameran, Divisi Pemasyarakatan Maluku memamerkan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah tahanan negara (rutan) dan cabang rumah tahanan negara (cabrutan) wilayah Maluku. “Keterlibatan kami dalam ajang Maluku Expo 2015 memberikan nilai kepuasan tersendiri,” terang Anwar.

Ia berpendapat bahwa event semacam ini perlu terus diselenggarakan untuk memperkenalkan hal-hal baru kepada masyarakat. “Publik perlu tahu bahwa Kementerian Hukum dan HAM juga punya sesuatu yang layak dipamerkan seperti hasil karya WBP yang ada dibalik jeruji besi,” sambungnya.

“Lapas Ambon misalnya, memamerkan kreasi WBP yang memintal benang menjadi bola lampu. Lapas Piru memamerkan kapal pinisi dari bambu, Cabrutan Banda dengan ikan asinnya, WBP Cabrutan Saumlaki mengirimkan ikat pinggang berbahan kayu hitam, dan Cabrutan Namlea dengan minyak kayu putih dan masih banyak lagi,” tutur Anwar.

Kegiatan yang ditengarai sebagai ajang interaksi perekonomian di Maluku itu pun diharapkan menjadi pasar potensial bagi pelaku ekonomi. “Kami akan terus mendorong WBP untuk berkreasi menghasilkan produk-produk unggulan. Mereka akan menjadi pelaku ekonomi di pasaran bila kita senantiasa mendukung,” cetusnya.

Ia pun optimis walaupun pameran telah usai, namun barang-barang yang telah laku terjual akan mendapat order kembali di unit pelaksana teknis masing-masing. “Bila ada yang masih menginginkan barang yang saat ini telah laku terjual, silahkan saja pesan langsung di lapas/rutan/cabrutan terkait karena WBP siap terima orderan. Mereka mungkin terkurung, namun kreativitas mereka takkan pernah urung,” puji Anwar.

Pameran tersebut merupakan pameran terbesar di Maluku yang melibatkan 140 peserta termasuk sejumlah instansi di Provinsi Maluku. Dihelat di Lapangan Merdeka Kota Ambon, pameran ini telah dibuka sejak Sabtu (3/10) lalu. (IR)


Kontributor: Tersih V.N.

0 komentar:

Posting Komentar