Semua orang yang bekerja pasti
mengharapkan keberhasilan dalam pekerjaannya, yangbuntutnya pada peningkatan
jenjang karir. tapi untuk meraih semua itu tidak mudah, selain dari faktor
persaingan antar rekan kerja yang tidak bisa dianggap remeh, ada faktor lain
yangmemerlukan usaha yang tidak kalah keras : profesionalisme dari diri anda
sendiri. Gimanacaranya?
Ada beberapa hal yang dapat
membantu anda agar bisa meraih kesuksesan lebih cepat :
1.
Ahli di bidangnya
Jangan pernah
puas hanya dengan menyelesaikan tugas yang telah diberikan atasan anda dengan baik. Buatlah standar yang tinggi
untuk diri anda sendiri, susun kerangka kerja yang mampu memudahkan pekerjaan
anda sehingga dengan demikian anda dan rekan kerja bisa lebih produktif. Untuk
itu, anda perlu tahu sampai sedetil-detilnya tentang pekerjaan dan tanggung
jawab yang anda emban. Kalau perlu, jangan raguragu untuk membantu pekerjaan
rekan-rekan anda atau mengajari teman yang bertanya mengenai hal-hal menyangkut
pekerjaan yang anda ketahui.
2.
Sensitif
Untuk kemajuan
anda sendiri, anda harus mengenal karakter lingkungan, atasan dan rekan kerja anda. Ingatlah bahwa setiap orang
mempunyai gaya yang berbeda-beda. Hormati kebiasaan orang lain yang mungkin
menurut anda cukup mengganggu, seperti mengunyah permen karet, merokok, bergosip-ria
atau memakai telepon untuk kepentingan pribadi. Jadilah pendengar yang baik dan
seandainya bisa, jangan raguragu untuk mengulurkan bantuan. Usahakan agar anda
dapat masuk ke kelompok manapun.
3.
Bisa diandalkan
Caranya adalah
dengan tiba di kantor lebih cepat, dan kalau perlu pulanglah lebih telat seandainya pekerjaan anda belum selesai.
Selesaikan semua tugas/proyek yang diberikan secara tepat waktu. Seandainya
muncul masalah yang tidak terduga yang mampu menyebabkan anda tidak bisa
menyelesaikan tugas atau proyek dengan tepat waktu, sampaikan dengan
orang-orang yang bersangkutan. Dengan begitu baik atasan maupun rekan kerja
anda akan menghargai usaha anda.
4.
Fleksibel dalam bekerja
Fleksibel di sini maksudnya adalah jangan pernah
terpaku pada pekerjaan yang ditugaskan atau pada jadwal kerja. Tunjukkan
kemauan anda untuk belajar mengenai hal-hal baru. Seandainya anda harus menata
ulang jadwal yang telah anda susun setiap hari, lakukan itu demi pekerjaan
anda. In order to be successful, you have to work twice as hard as everybody
else.
5.
Integritas yang tinggi terhadap pekerjaan
Ada beberapa hal yang dapat dijadikan patokan bukti
integritas anda pada pekerjaan. Jangan pelit memberikan pujian atau kredit pada
orang lain yang mampu melakukan pekerjaannya dengan baik. Jangan melihat
masalah dari sisi negatif, melainkan anggap saja hal tersebut merupakan
kesempatan untuk tumbuh dan belajar. Jangan menyalahgunakan jadwal istirahat
makan siang, ijin sakit atau kemudahan-kemudahan lain yang telah disediakan
oleh atasan anda. Dan terakhir, berhati-hati saat menggunakan fasilitas
perusahaan. (dav)
0 komentar:
Posting Komentar