Selasa, 12 Maret 2013

Sabtu-Minggu, Ditjen PAS Laksanakan BIMTEK Wasinternal


Jakarta, INFO_PAS.  Hari Sabtu-Minggu yang biasa dipakai sebagai hari libur oleh sebagian besar Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun pegawai di Jajaran Pemasyarakatan terus beraktifitas. 

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Pengawasan Internal (wasinternal) bagi para 33 Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) se-Indonesia dan 40 pejabat struktural dilingkungan Ditjen PAS pada 16-17 Februari 2013.
Direktur Bina Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Ditjen PAS, Wibowo Joko Harjono menyampaikan bahwa tujuan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai pengawasan internal khususnya dalam pelaksanaan optimalisasi penegakan kode etik dan pengawasan internal dilingkungan kantor pusat Ditjen PAS, Divisi PAS serta di lingkungan UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. 

“Sangat diperlukan komitmen dan integritas moral yang kuat, terutama para pejabat Struktural dalam penegakan wasinternal ini. Tentu saja didasarkan peraturan yang berlaku agar dalam pelaksanaan tugas dapat terhindar dari penyelewengan,” kata Joko di Hotel Maharani Jakarta Selatan, (16/2).

Lebih lanjut Joko menyampaikan, bahwa pengawasan internal dalam peraturan Menkumham tahun 2011 mempunyai tugas pengawasan terhadap berjalannya tata kelola pemerintahan yang baik (good governant) di dalam Sistem Pemasyarakatan.

Fungsi tersebut saat ini dibawahi Direktorat Bina Kamtib yang tertuang pula pada inpres 17 tahun 2011 sebagai salah satu rencana aksi terhadap pengawasan perilaku dan penyimpangan dalam penyelenggaraan terhadap petugas pemasyarakatan.

Sementara itu Sekretaris Ditjen PAS (Sesditjen PAS), DR Susy Susilawati dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Bimtek Wasinternal yang dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2012 ini merupakan program 30 hari Dirjen Pemasyarakatan yang baru.

Disampaikannya bahwa sebaik apapun system yang ada tidak akan terealisasi manakala petugasnya tidak menjalankan amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.  

“Harapan Saya, para peserta lebih memahami dan mengenal kegiatan pengawasan internal serta system  penerapannya,” kata Sesditjen PAS.

0 komentar:

Posting Komentar