Kamis, 03 Maret 2016

Rutan Blora dan Polres Blora Lakukan Pembinaan WBP

KaRutan Blora bersama Kasat Binmas Polres Blora beri pengarahan kepada WBP.
KaRutan Blora bersama Kasat Binmas Polres Blora beri pengarahan kepada WBP.

Blora – Antisipasi kerusuhan antar warga binaan (Napi) di Rumah Tahanan Negara (Rutan), Kasat Binmas Polres Blora, AKP Yoris Prabowo bersama Kepala Rutan Blora, Fajar Nurcahyono lakukan pembinaan terhadap 150 warga penghuni Rutan Blora, Senin (18/1).

Menurut AKP Yoris Prabowo, di lingkungan Rutan sangat berpotensi sekali terjadi kerusuhan antar warga binaan dengan berbagai macam persoalan. Seperti rebutan makanan, rebutan tempat tidur dan bahkan. “Termasuk antara penghuni lama dan baru juga bisa terjadi keributan,” jelasnya.

Sementara itu, petugas keamanan Rutan diharapkan bisa melakukan deteksi dini apabila ada gejala-gejala yang mencurigakan yang menjadi pemicu keributan. Dan apabila dirasa membahayakan pihak Rutan diminta untuk segera meminta bantuan aparat kepolisian.

“Menciptakan situasi keamanan dan ketertiban agar kondusif di lingkungan Rutan merupakan tanggung jawab bersama antara jajaran Rutan dan Polres,” tandas Kasat Binmas AKP Yoris Prabowo.

Kepala Rutan Blora, Fajar Nurcahyono menjelaskan, hingga saat ini belum pernah terjadi kerusuhan antar warga binaan. Dikemukakan Fajar, jajaran Rutan dalam melakukan pembinaan selama ini dengan cara melakukan pendekatan ke masing-masing pribadi. Pendekatan dilakukan antara lain dengan memberikan bimbingan rohani, memberi motivasi untuk berbuat baik dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

“Termasuk juga memberi sejumlah ketrampilan untuk bekal apabila kelak sudah kembali ke masyarakat,” pungkasnya.(Urip Daryanto/CN41/SMNetwork)

Sumber : suaramerdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar